BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Menyongsong Perayaan HUT Ke-78, Yayasan Hang Tuah Th. 2025 Selenggarakan Musabaqoh Hifdzil Quran

Jakarta, (22/10) | "Membaca Alquran secara berulang-ulang ( Hifdzil Quran)  dari satu ayat ke ayat berikutnya, dari satu surat ke surat berikutnya  sehingga dapat di ucapkan dengan baik tanpa  melihat Alquran, kegiatan ini bertujuan untuk menguji sejauh mana kelancaran hafalan Alquran para murid di sekolah Yayasan Hang Tuah dan sekaligus untuk menggali  potensi anak didik untuk berani  dan berlomba-lomba menjadi penghafal Alquran", demikian sambutan awal Ketua Umum Yayasan Hang Tuah Laksda (Purn)  Dr. Dani Achdani, S.Sos., S.E., M.A.P saat membuka Lomba     Musabaqqah Hifdzil Quran Yayasan Hang Tuah Jakarta yang dilaksanakan di SMK Hang Tuah 1 Jakarta (22/10/24) bertepatan dengan Hari Santri Nasional.

Menurut Ketum YHT , lomba Musabaqoh Hifdzil Quran yang di selenggarakan pada hari ini sangat selaras dengan implementasi kurikulum merdeka  pada Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah,  dimana  pembelajaran yang disampaikan menggunakan  Alquran dan hadist sebagai dasar-dasar pendidikan  dan salah satu capaian pembelajaran adalah peserta didik mampu membaca surah-surah Alquran dengan baik.

Wakasis SMK Hang Tuah 1 Imam Royani, S,Pd.I selaku Ketua Penyelenggara  Musabaqoh Hafidz  Qur'an melaporkan bahwa  kegiatan ini di gelar bersamaan dengan Puncak Hari Santri Nasional Tahun 2024 yang di ikuti oleh. 40  peserta dari Satdik-satdik binaan PPYHT dan Satdik-Satdik di lingkungan Cabang Jakarta Yayasan Hang Tuah yang di bagi dalam 3 katagori, tingkat SD, tingkat  SMP dan tingkat SMA/SMK.

Materi lomba meliputi :  untuk tingkat SD  Juz 30 Surah An-Nas hingga Surah Al - Insyiroh,  untuk tingkat SMP Surah  Adhuha hingga  Surah Al- Insyiqoq dan untuk tingkat SMA/SMK Surah Al Muthofifin hingga Surah Annaba dan Surah Waqi'ah. Sedangkan kriteria penilaian meliputi :  kelancaran hafalan, tajwid dan makhorijul khuruf, pemahaman ilmu tajwid serta adab.

Bertindak selaku tim yuri pada tingkat SD terdiri dari Siti Makiyah ,S.PdI dari Ikatan Qorik Jakarta, H.Samsul Fajri, S.PdI., M.PdI dari MGMP PAI SMK DKI Jakarta dan Muhammad Fadhil, SQ dosen PTIQ Jakarta.

Yuri  pada tingkat SMP terdiri dari Dr.KH. Qudsi  Ahmad , M.Pd, pimpinan Pondok Pesantren Modern Tahfidz Quran Daar Assalam Atthohiriyah Jakarta , Muhammad Mukrim, L.C dari  Pengurus Qiroati bidang Tashih  Jakarta dan Fitriana, S.PdI, M.Pd.I dari pengurus MGMP PAI SMP DKI Jakarta.

Sedangkan tim Yuri untuk tingkat SMA/SMK terdiri dari Hamiduddin , M.Pd I dari pengurus  KKG PAI DKI Jakarta,  Muhammad Taufiq Al-Hafidz, SQ dari pengurus  Jamiatul Qurro Wal Huffadz NU Jakarta, dan Thaufiqurrahman , S.Pd.I guru PAI SMP Hang Tuah 1 Jakarta.

Berhasil keluar sebagai juara pada tingkat SD terdiri dari : juara  1 M Al Fatih Ramadhan dari SD Hang Tuah 7 dengan nilai 285, juara 2 Gisella  Hikam Suzeri dari SD Hang Tuah 1 dengan nilai 284  dan juara 3  Nabila  Kansa dari SD Hang Tuah 1 dengan nilai 280.

Pada tingkat SMP keluar sebagai juara 1 , Syafira Farmasi dari SMP Hang Tuah 1 dengan nilai 270, juara 2 Mujahid Qurensya Neva dari SMP Hang Tuah 2 dengan nilai 252 dan juara 3 Chaemani Nawla Aqeela dari SMP Hang Tuah 2 dengan nilai 247.

Sedangkan pada tingkat SMA/SMK keluar sebagai juara 1, Naufal Aditya Nugraha dari SMA Hang Tuah 1 dengan nilai 281, juara 2, Aisyah Putri dari SMK Hang Tuah 1 dengan nilai 280 dan juara 3, Ghofar Sy. Sufir dari SMK Pelayaran dengan nilai 276.

Kepada para pemenang menerima  tingkat SD, hadiah di serahkan oleh  Plt Kakanwil Kemenag Prov. DK Jakarta  Dadi, M.Pd, pada tingkat SMP hadiah di serahkan oleh  Anggota  Pengawas   YHT Laksma (Purn) Nanang Eko Ismurdianto, S.Sos., M.M., C. Fr.A., CRMP  serta pada tingkat SMA/SMK hadiah diserahkan oleh  Anggota Pembina  Bidang Umum  YHT Laksma   (Purn)  Dr. Ir. Trismadi, M.Si., IPU.

Seusai penyerahan hadiah, Ketua Pengurus Cabang Jakarta  Yayasan Hang Tuah Kolonel (Purn) Jaka Santosa Adiwardoyo,   S.Sos., M.H menutup Musabaqoh Hifdzil Quran, serta mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia lomba.

Turut hadir dalam pembukaan Musabaqoh Hifdzil Quran tersebut,  Anggota Pembina  Bidang Umum  YHT Laksma   (Purn)  Dr. Ir. Trismadi, M.Si., IPU, Anggota  Pengawas   YHT Laksma (Purn) Nanang Eko Ismurdianto, S.Sos., M.M., C. Fr.A., CRMP,  Sekertaris  YHT Eka Agustina , A.Md, Kabidbang  YHT Kol (Purn) Zaenal Abidin Irawan, S.H., M.H,  Kabiddik YHT  Kol (Purn)  Regeng Pramono, S. Kom., M.M, Bendahara  YHT  Dra. Erni Megawati,  Ketua Pengurus Cabang Jakarta  Yayasan Hang Tuah Kolonel (Purn) Jaka Santosa Adiwardoyo,   S.Sos., M.H,   Sekertaris Meyta Nurlita, S.Hum,  Kabiddik  Kolonel (Purn) Dra. Ririn Susilowati, M.M., CHRMP,  Kabidbang  Kolonel (Purn) Dra. Martatik Widiyati, M.M., CHRMP,  Bendahara Evi Puspita Syahri, Kasiopsdik Sumardiyono, S.Pd,  Plt. Kepala Kanwil Kemenag DKI Jakrata H.Dadi Suryadi, M.Pd,  Kasie Pakis Kanwil Kemenag DKI Jakarta H. Arif Maulana, S.PD M.M,  Pengawas PAI Jakarta Utara H. Zaini. M.Pd,  para Kasatdik  dan Guru  binaan PPYHT,  Kasatdik dan guru di lingkungan Cabang Jakarta Yayasan Hang Tuah, Komite Sekolah.

(yht/dar)

Posting Komentar

0 Komentar