BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

SMK KAL-1 Raih Juara Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Inergic 2024

Surabaya, (13/10) | Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Inergic 2024 yang di selenggarakan oleh Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya Jurusan Kelistrikan Kapal membuahkan hasil positif bagi siswa SMK KAL-1, Mukamad Rabil  dan Siti Elviana Amelia Putri ( kelas XI) jurusan Teknik Audio Video(TAV)  yang terlibat dalam lomba dengan membawa pulang sebagai juara III.

Kasatdik SMK KAL-1, Munawar , S.Pd., M.Pd memberikan tugas khusus kepada 3 guru di jurusan TAV agar memberikan pembimbingan kepada siswanya ( Mukamad Rabil dan Siti Elviana Amelia Putri) yang akan terjun dalam lomba LKTI  Nasional tersebut. Ke tiga guru pembimbing tersebut,  Hadi Suyanto, ST., M.T,  Siti Hardiyan Maharani, S.T dan Moh. Ismail, S.E secara intensif memberikan dorongan  langkah- langkah yang harus dikerjakan dalam pelaksanaan lomba.

Lomba LKTI Nasional yang di selenggarakan oleh Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya Jurusan Kelistrikan Kapal ini merupakan ajang bergengsi yang di ikuti oleh  50  sekolah-sekolah SMA/SMK ternama.

Proses sangat panjang dalam lomba LKTI, dimana   pendaftaran dimulai sejak 27 Juni - 27 Juli 2024 pengumpulan Abstrak 27 Juli 2024,  pengumuman Lolos Abstrakn 30 Agustus 2024,  pengumpulan Makalah Karya Tulis 14 September 2024,  pengumuman Finalis 4 Terbaik 21 September 2024,  Presentasi Final 12 Oktober 2024 dan pengumuman juara lomba  hari ini  Minggu , (13/10/24).

Karya tulis yang di sodorkan ke panitia LKTI dari siswa SMK KAL-1 dengan judul :   "Fisherman's SOS" Untuk Keamanan Berlayar Berbasis LoRa". 

Dengan telah dipilihnya judul tersebut dua siswa Mukamad Rabil dan Siti Elviana Amelia Putri  langsung tancap gas sejak awal Juli 2024, siswa sudah membaca literatur dan berdiskusi dengan guru pembimbing untuk memilih tema dan judul yang tepat sebagai alat yang berguna untuk kemaritiman dan memanfaatkan energi terbarukan.

Oleh karena itu, dipilihlah judul tersebut sebagai solusi agar dapat memantau kondisi kapal/perahu yang berlayar di laut tanpa menggunakan telepon/paket data yang sering tidak terhubung ketika di tengah laut.

Rancangan alat ini digunakan untuk memantau kondisi kapal ketika tenggelam, menginformasikan kemiringan kapal, mengirimkan lokasi kapal, serta dilengkapi tombol darurat. Informasi kondisi tersebut dapat dikirimkan melalui sinyal radio yang telah dihubungkan ke receiver/penerima, kemudian informasi juga dapat dipantau melalui HP Android melalui sistem komunikasi IoT.

Rancangan alat yang dibuat memanfaatkan solar panel sebagai sumber energi listrik yang dapat mengonversikan energi matahari sebagai arus listrik DC. Perancangan alat membutuhkan waktu setidaknya 1,5 bulan dengan berbagai rintangan yang dihadapi selama uji coba alat.

Dari 50 peserta yang masuk, terpilihlah 4 finalis yang berhak memaparkan  karyanya  di depan tim yuri,(12/10/24). Dan pengumuman pemenang hari ini, Minggu (13/10/24).

SMK KAL-1 keluar sebagai juara 3,  Kasatdik SMK KAL-1 "Sangat bersyukur atas  prestasi siswanya,  tidak mudah untuk memperoleh prestasi ini, mengingat pesertanya merupakan sekolah-sekolah favorit' tuturnya.

Juara 1 diraih oleh SMA Pradipta Dirgantara Boyolali,  Juara 2  SMAN 5 Denpasar Bali, Juara  3  SMK KAL-1 Surabaya dan  Juara Harapan 1 SMAN 1 Kendal Ngawi ( yht/dar).

Posting Komentar

0 Komentar